Pencaharian

Jumat, 08 Maret 2013

Cara Setting Outlook

Untuk setting akun email di microsoft outlook yang penulis coba untuk akun email Yahoo dan Gmail di internet rumah. Sedangkan akun email students di kampus, semuanya berhasil dilakukan. Tapi untuk email yahoo dengan domain .com tidak gratis, untuk email Yahoo yang tidak memerlukan biaya harus menggunakan email Yahoo dengan domain selain .com misalnya yang penulis coba yaitu .co.id.
Kendala yang penulis temui ketika setting akun email selain students di kampus adalah tidak bisa mengirim email, namun untuk email students bisa dilakukan pengiriman dan penerimaan email. Hal ini terjadi karena internet kampus dibatasi oleh firewall.
Oke, kita mulai untuk setting akun email di Microsoft Outlook 2003.
A.   Yahoo!
Sebuah F R E E software ( YPOPs! ) yang bisa diunduh dari http://www.ypopsemail.com yang dapat menarik isi email Yahoo! (misal: .com, .uk, or .id) ke dalam sebuah e-mail client yang dalam tulisan ini menggunakan MS Outlook 2003. Untuk setting e-mail client yang lain dapat dilihat pada bagian ‘Configuring Mail Clients‘ website diatas. Setelah Anda meng-unduh YPOPs!, langkah selanjutnya adalah menginstalkannya ke dalam komputer, dengan step NEXT - NEXT (tidak usah melakukan setting apa-apa terlebih dahulu). Setelah YPOPs! terinstall maka akan terdapat icon tray yang menandakan bahwa YPOPs! aktif dan siap untuk meng-unduh file-file e-mail Yahoo! Anda. Untuk anda yang menggunakan PROXY Server Anda harus menset bagian ‘Proxies’ dengan cara meng-klik kanan icon tray YPOPs! ‘Configure’, isikan sesuai dengan konfigurasi PROXY Server anda.
Setting MS Outlook 2003 :
1. Pilih option ‘Tools’ à ‘Email Accounts’
2. Pada pilihan radio button, pilih ‘Add new e-mail account’ à Next
3. Pilih opsi radio button ‘POP3 à Next
4. Pada bagian ‘User Information’ isikan Nama yang sesuai dengan Yahoo! mail account dan e-mail address Yahoo!
5. Pada bagian ‘Bagian Server Information’ isikan : ‘Incoming mail server (POP3) dengan ‘127.0.0.1, dan isikan juga Outgoing mail server dengan ‘127.0.0.1
6. Pada bagian ‘Logon Information’ isikan ‘User Name’ dengan id Yahoo! (misal: iah_fi), dan password e-mail Yahoo!
7. Lalu klik tombol ‘More settings’
8. Pada tab ‘Advance’ besarkan ‘Server Timeouts’ sampai dengan 10 minutes
9. Pada tab ‘Outgoing Server’ berikan tanda centang ‘My outgoing server (SMTP) requires authentification’, dan pilih radio button ‘Use same settings as my incoming mail server’ à klik OK
10. Tes account setting dengan mengklik tombol ‘Test Account Settings’, apabila semua status ‘Completed’ maka Anda sudah dapat meng-unduh semua file yang ada di Yahoo! e-mail
11. Klik tombol Finish
catatan : YPOPs! akan menarik semua e-mail yang ada pada Yahoo! mail Anda, sehingga ketika Anda login melalui browser/online check mail (mail.yahoo.com), semua e-mail akan otomatis hilang dan pindah ke dalam komputer.
B.   Gmail
Langkah-langkah untuk setting Gmail di Microsoft Outlook:
1.    Masuk ke http://www.mail.google.com  dan login seperti biasa
2.    Setelah webmail google muncul, lihat pojok kanan atas, ada menu Setting. Klik Setting.
3.    Akan keluar menu Mail Setting (box warna orange), Klik “Forwarding and POP
4.    Akan muncul submenu : Forwarding dan POP Download
5.    Pada POP Download - :
1.    Pop Status, pilih “Enable POP for all mail”
2.    when messages are accessed with POP, pilih “keep gmail’s copy in the box”, agar email di webmail tetap ada dan bisa di akses
6.    Tekan tombol Save changes.
7.    Setting enable POP selesai, langkah terakhir adalah mensetup Outlook kita
8.    Dowload program Gmail Configuration untuk seting Outloook anda.
9.    Setelah selesai Download, run programnya (pastikan Outlook anda di close dulu)
10.                       Setelah selesai, buka Outlook anda, maka akan ada pesan bahwa ada setting account baru.
11.                       Selesai
C.    Students.
Untuk setting outlook di akun email students bisa dilakukan langkah-langkah berikut:
1.    buka Toolsàemail accountsàadd a new email accountànext
2.    pilih server type POP3ànext
3.    isi nama, alamat email, password
4.    untuk incoming mail server isi dengan: pop.students.itb.ac.id
5.    untuk outgoing mail server isi dengan: smtp.students.itb.ac.id
6.    lakukan test account settings, jika semuanya sudah komplet lakukan akun email tersebut sudah bisa digunakanànext
7.    finish


SELAMAT MENCOBA  TEMAN (Y)

Cara Pengelolaan Kalender Kerja di Outlook

Langsung Aja ya Teman……….

Selain untuk pengelolaan email, Outlook juga mempunyai fasilitas lain dalam pengelolaan jadwal aktifitas kita disebut “ Calendar”. Sama seperti Kalender biasa, Calendar pada Outlook juga berisi tanggal, bulan dan tahun ditambah dengan jamnya. Kelebihan pada Outlook ini, Calendar dapat diisi, diedit dan ditambahkan informasi sesuai dengan kegiatan kita dan memberikan warn/peringatan pada kita apabila waktunya tiba.

 

Untuk pengelolaan Calendar, lakukan langkah berikut :

1.      Pada bagian “Folder List” klik “Calender” , maka akan muncul

2.   Kemudian pilih tanggal yang ada pada kalender ( sebelah kanan ), akan muncul jam dibagian tengah berwarna kuning ( kuning gelap menandakan waktu yang telah lewat).

3.   Klik File, kemudian pilih New, kemudian pilih Appointment ( bisa dilakukan singkat dengan dobel klik pada jam yang diinginkan) akan muncul menu untuk Appointment.

4.  Isilah kotak subject rapat/kerja, lokasi dan waktu sebagi isian minimal. Apabila diperlukan isilah lebih lengkap lagi seluruh fasilitas yang ada.

5.  Kemudian Save & Close, Ini adalah langkah yang penting, sebab apabila tidak dilaksanakan maka data rencana kerja/rapat anda akan hilang dan tidak tersimpan dalam komputer. Lakukan berulang sesuai kebutuhan

 

Ok. Seperti itulah sederhananya.

Cara Pengelolaan Personal Address Book/Alamat Email

Kali ini kita masih berbagi di Seputar Penggunaan MS. Outlook. Ok kita langsungvaja ya...!!
Microsoft outook menyediakan fasilitas untuk menyimpan daftar nama kontak beserta keterangan-keterangannya.

1.     Membuat data alamat kontak

Untuk membuatnya ikuti langkah berikut:
·        Pada toolbar, klik ikon yang bergambar address book,
·        klik fileànew entryàpilih new contactàOK
·        isi data kontak
·        jika sudah selesai, klik save and close

2.     Membuat alamat group. Di microsoft outlook bisa mengelompokkan alamat email atau data kontakan dalam suatu grup. Sehingga untuk mengirim email untuk ke suatu grup/kelompok orang tidak perlu mencari alamat kontak satu-satu.

Untuk membuat grup caranya:
·        Buka menu “ Address Book
·        Klik File – pilih “New Entry
·        Pilih “New Distribution List “ klik Ok
·        Tulis nama dari Group pada kolom yang tersedia ( mis : Astronomi 2005 )
·        Kemudian Klik tombol “Select Member” untuk memilih siapa saja yang masuk dalam Group ini.
·        Pilih siapa saja dengan mengklik 2 kali pada nama atau mengklik tombol “Add
·        Klik Ok
·        Kemudian klik “Save and Close

Ok. Demikianlah sederhananya kiranya teman2, Moga Bermanfaat Pula.