Dalam
merencanakan suatu acara besar, maupun kecil, intern maupun exteren maka
dibutuhkan kehadiran proposal sabagai suatu pedoman dalam berproses
selanjutnya. Proposal menjadi gambaran kasaracara yang akan diadakan. Entah akhirnya
beberapa hal meleset, hal tersebut tidak masalah, karena pada akhirnya akan ada laporan pertanggung jawaban. Tentunya proposal yang baik tidak akan berbeda jauh dengan pelaksanaan atau realisasi acara.
Ketika anda
merencanakan sebuah acara besar dengan besar dengan menggundang massa tentunya
anda akan membutuhkan kehadiran sponsor di situ. Maka dari itu proposal menjadi
senjata anda untuk menunujukkan,
menyakinkan pihak sponsor untuk ikut berpartisipasi dengan
anda.
anda.
Karena itu
jangan samakan proposal biasa dengan proposal sponsor. Proposal sponsor unik,
buatlah berbeda dari yang lain. Hal yang penting dalam proposal adalah jangan
sampai pihak sponsor menganggap anda
seperti meminta namun berikanlah penyajian yang membuat
pihak sponsor memang tertarik pada acara anda. Fokuslah pada keuntungan yang bisa didapat oleh pihak sponsor.
pihak sponsor memang tertarik pada acara anda. Fokuslah pada keuntungan yang bisa didapat oleh pihak sponsor.
Sebelum membuat
proposal Sponsor beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah
1.
Waktu persiapan
Ketika anda
mengadakan suatu acara dengan jeda waktu yang sempit dengan hari acara, maka
semakin kecil harapan anda untuk mendapatkan sponsor. Mengapa? Karena dari situ akan terlihat bagaimana keseriusan dan kesiapan anda dalam melaksanakan acara tersbut.
2.
Penyelenggara
Kalau anda
pernah menyelenggarakan suatu event besar dan sukses, maka sponsor tidak akan
segan-segan berpartisipasi di dalamnya. Dengan kata lain, reputasi menjadi hal yang penting untuk memikat sponsor. Semakin besar reputasi anda, semakin mudah pihak sponsor percaya.
3.
Jenis Kegiatan
Ketika anda
membuat suatu acara lihatlah produk apa yang bisa ditampilkan di situ. Hal ini
menjadi berkaitan erat pada keterkaitan produk sponsor dengan kegiatan anda. Kalau anda membuat pensi anak muda, maka anda tidak akan mungkin bisa mendapatkan sponsor seperti mobil, elektronik, namun anda bisa mendapat sponsor rokok, makanan, dll.
4.
Penonton atau
peserta
Berilah target
yang akan dicapai dalam proposal, dan fokus golongan apa. Ketika anda
menargetkan dengan jumlah yang besar dan yang akan datang adalah sebagian besar
anak muda maka perusahaan
dengan produk anak muda akan tertarik.
Aspek dalam proposal sponsor
adalah:
-
Layout
-
Kelengkapan
perencanaan acara
-
Penawaran
sponsor
Layout
Ketika anda membuat proposal
terutama proposal sponsor, layout menjadi bagian yang penting didalamnya.
Karena dari layout anda, anda paling tidak bisa memberikan
keyakinan lebih pada pihak sponsor, proposal anda akan terlihat berbeda di mata Sponsor. Dari layout anda anda dapat memperlihatkan betapa seriusnya anda mempersiapkan sebuah acara.
keyakinan lebih pada pihak sponsor, proposal anda akan terlihat berbeda di mata Sponsor. Dari layout anda anda dapat memperlihatkan betapa seriusnya anda mempersiapkan sebuah acara.
Misalnya saja :
Anda memberikan proposal anda
dengan layout yang menarik katakanlah anda sedang menyusun acara untuk pensi.
Anda memberikan proposal tersebut ke pada perusahaan besar. Anda tidak akan tahu apakah ada orang lain yang juga memberikan proposal itu. Anda juga tidak akan tahu di mana proposal itu akan diletakkan. Dengan adanya layout pada proposal anda, proposal anda menjadi terlihat berbeda dari proposal yang lain. Sehingga mungkin akan di baca terlebih dahulu, di sendirikan, anda tidak akan tahu.
Apa saja layout itu?
1.
Ukuran kertas
Kebanyakan orang menggunakan kertas besar seperti ukuran A4 dan F4 untuk
proposal. Namun bagaimana apabila anda membuat proposal dengan ukuran mini,
mungkin setengah dari bukuran A4 atau
F4, proposal itu akan terlihat unik dan manis. Namun
tidak selamanya pula ukuran kecil baik. Semuanya tergantung dari selera.
tidak selamanya pula ukuran kecil baik. Semuanya tergantung dari selera.
2.
Halaman Cover
Berikanlah tampilan yang tidak biasa, ketika anda hanya menuliskan judul
proposal anda, proposal anda akan tampak monoton, berilah gambar yang menarik,
atau anda bisa
menempel-nempel potongan koran, dll. Ketika halaman cover anda menarik,
seseorang yang membaca akan semakin tertarik untuk melanjutkan ke bagian
selanjutnya.
menempel-nempel potongan koran, dll. Ketika halaman cover anda menarik,
seseorang yang membaca akan semakin tertarik untuk melanjutkan ke bagian
selanjutnya.
3.
Tampilan
Halaman
Ketika tiap halaman anda terdiri dari tulisan saja, tentu yang membaca akan
bosan ketika tulisan anda bertele-tele. Untuk mencegah hal itu berikan hiasan
yang menarik pada header dan
footernya bahkan bagian bodynya. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai mengganggu kejelasan tulisan itu sendiri. Perhatikan jenis tulisan, ukuran tulisan, paragraf, urutan penyajian, menjadi hal yang penting. Gunakan font dan ukuran yang mudah dibaca oleh orang.
4.
Penjilidan
Bagaimana proposal itu dijilid, apakah hanya menggunakan jilid lakban, atau
apakah dijilid spiral, ataukah yang lain gunakan kreasi anda.
5.
Wrapping
Satu hal yang jarang digunakan orang namun cukup berpengaruh. Rasakan
ketika anda meneriman suatu barang dengan bungkus atau tanpa sama sekali. Mungkin anda bisa berpkir, proposal ini sudah pernah dibaca oleh orang lain, atau ini bekas, dll. Membungkus dengan plastik bening saja sudah baik.
6.
CD Interaktif
Berikanlah cd interaktif. CD ini bisa berupa presentasi, atau bisa berupa
video. Hal ini untuk mencegah ketika yang menerima proposal anda malas membaca
proposal. Apabila acara yang akan anda
buat adalah yang kedua kaliya, lampirkan acara anda yang
sebelumnya sebagai gambaran bagi pihak sponsor. Berikan pula contoh-contoh pemasangan pihak sponsor ke acara-acara yang pernah anda tangani.
sebelumnya sebagai gambaran bagi pihak sponsor. Berikan pula contoh-contoh pemasangan pihak sponsor ke acara-acara yang pernah anda tangani.
Kelengkapan Perencanaan
Acara
Bagian I – bagian satu ini adalah
acara anda secara besar
Latar belakang
Berikanlah suatu sajian yang
menarik mengapa anda membuat acara tersebut, gunakan alasan-alasan yang
mendukung dan valid.
Nama Acara
Berdasarkan
Latar belakang anda, tuliskan secara terpisah dengan latar belakang, apa acara
anda. Gunakan nama yang menarik dan singkat.
Tema Acara
Buatlah tema
acara yang menarik dan unik, jangan buat tema yang terlalu panjang. Kalau
diperluka cantumkanlah alasan mengapa anda memilih tema tersebut. Gunakan
deskripsi yang kuat, Apabila anda menggunakan lambang, berilah arti lambang tersebut.
deskripsi yang kuat, Apabila anda menggunakan lambang, berilah arti lambang tersebut.
Waktu dan
tempat pelaksanaan
Tulislah secara
detail waku pelaksanaan secara detail meliputi hari, tanggal, tahun, jam
berlangsungnya dan lokasi acara tersebut
Sasaran Acara
Tulislah
peserta yang akan anda tuju, apakah itu anak muda, anak kuliahan, tingkat SD,
orang tua, jomblo, atau pedagang. Tuliskan pula target peserta, tuliskan pula target peserta.
Tujuan Acara
Tuliskan apa
tujuan dari Acara tersebut. Sebaiknya berdasarlah pada latar belakang yang anda
buat.
Manfaat Acara
Tuliskan dalam
2 point yang berbeda yaitu manfaat bagi pihak sponsor dengan manfaat bagi pihak
anda, atau bahkan anda bisa menambahkan manfaat bagi pihak peserta,dll
Pada zona ini
anda bebas menentukan sendiri apa yang akan anda lampirkan. Isikan tulisan
“terlampir” pada bagian ini. Bagian ini nantinya akan menjadi bagian yang harus dijabarkan dengan sangat detail.
Sponsorship
terlampir
Konsep acara
terlampir
Susunan Panitia
terlampir
Anggaran
terlampir
Profil panitia
terlampir
Laporan Pertanggungjawaban
terlampir
Media Sponsorship
Tuliskan secara point-point saja, media apa yang anda tawarkan pada media
Sponsorship.
Penutup
Tuliskan pentup dengan ini ucapan terima kasih atas kerjasama dari pihak
sponsor dan waktu yang telah diluangkan.
Lembar pengesahan
Berisi kapan proposal itu disahkan kemudian berisi tanda tangan dari
sekretaris, koordinator,
apabila ada petinggi atau direksi cantumkan di situ seperti kepala sekolah, dll.
Bagian II – berisi lampiran-lampiran
yang telah diinformasikan pada bagian pertama
Sponsorship
Dalam
sponsorship berilah alasan anda mengenai sponsorship dan berilah semua detail dari penawaran anda, buatlah penawaran yang menarik, dengan harga yang
sesuai. Semakin tinggi harga dari penawaran anda peluang tertariknya semakin kecil. Carilah penawaran lain seperti sponsor pendukung, barter, atau yang lainnya. Cantumkan ukuran logo, ukuran media, jenis media, letak pemasangan, dll.
Ini adalah
bagian tersulit dan terpenting dalam sebuah proposal
Bagian kedua
yang harus dicantumkan adalah ketentuan sponsorship, cantumkan deadline sponsor, bagaimana cara deal, no rekening, no hap yang bisa
dihubungi, konsekuensi
pembatalan dari pihak sponsor maupun pihak panitia.
Bagian ketiga
adalah berilah form keikutsertaan sponsorship. Anda bisa memberikan ini lewat
media terpisah yang tatp disertakan pada bagian proposal. Mungkin diubngkus dengan surat, dll.
Konsep acara
Tuliskan
seluruh konsep acara anda, jagan hilangkan setiap detail kecilpun. Berikanlah
argument dan alasan yang kuat pada setiap konsep anda.
Misalnya:
Anda membuat
acara pensi. Tuliskan apa yang akan anda sajikan, bintang tamnunya siapa, acara
apa saja yang akan ada, apakah ada cheers, dance, band, kalau ada siapa yang mengisi. Apabila mengadakan audisi, pemilihan, seleksi sebelumnya, cantumkanlah semuanya hingga, tanggal, waktu, dll.
Jangan melupakan
detail sekecil apapun
Susunan panitia
Tuliskan
susunan kepanitiaan anda secara detail dari yang kedudukan yang paling tinggi
hingga yang terkecil. Jangan lupakan mencantumkan nama koordinator dari setiap
seksi di apaling atas nama-nama anggota seksi.
Anggaran
Berikan
Anggaran acaramu dengan sangat rinci. Bedakanlah pengeluaran dengan pemasukan.
Sponsorship didapat dengan menemukan defisit dari pemasukan dengan pengeluaran
total. Kekurangan itu adalah biaya yang harus didapat melalui sponsor.
total. Kekurangan itu adalah biaya yang harus didapat melalui sponsor.
Berilah satu
tempat untuk pengeluaran tak terduga. Pengeluaran tak terduga bisa didapat
melalui pengeluaran semua seksi dikali berapa persen, atau anda bisa menentukannya secara manual.
Pengeluaran
total adalah pengeluaran semua seksi ditambah pengeluaran tak terduga.
Satu hal yang
penting adalah ketika anda menghitung, gunakanlah harga/biaya diatas yang
sebenarnya, tujuannya adalah untuk memastikan anda tidak mengalami kekurangan
biaya dalam bagian manapun. Misalnya biaya sebenarnya
yang dikeluarkan untuk membuat 1 poster adalah 2 ribu anda bisa menuliskannya dengan harga 3 ribu.
Tulislah
pengeluaran yang ada per seksi yang terlibat misalnya Pengeluaran Seksi acara
dipisahkan dengan pengeluaran seksi keamanan.
Profil panitia
Dalam lampiran
ini tujukkan segalanya tentang kepanitiaan anda, bagaimana kepanitiaan anda
bekerja, tentang garis besar anggotanya, dll.
Laporan pertanggungjawaban
Dalam lampiran
ini, berilah komitmen anda kesanggupan anda dengan mencamtumkan deadline LPJ,
Paling lama penyerahan adalah 1 minggu. Terserah anda. Semakin cepat, maka semakin baik. Hal ini penting karena pihak sponsor akan melihat apakah yang diberikan oleh pihak sponsor benar-benar digunakan apa bila, apabila digunakan untuk apa, dll. Pihak Sponsor juga membutuhkannya untuk neraca keuangan mereka Dalam lampiran ini cantumkan draft LPJ anda. Apabila anda akan mencantumkan
foto sebagai bukti informasikanlah dalam lampiran ini.
Dalam LPJ
inilah anda akan menuliskan anggaran/keuangan anda sebenarnya, dengan harga
yang sebanarnya per mata anggaran. Lampirkan nota sebagai bukti tambahan.
Apabila anda
terlambat dari deadline yang ditentukan, berilah komitmen anda sebagai
pertanggungjawaban, apakah ada denda, atau yang lain.
Hal-hal lain yang perlu
diperhatikan
Ketika anda diberi kkesempatan untuk melakukan presentasi, maka:
1.
Kuasai bahan
dan bersiaplah untuk menerima penolakan dan kritikan sebelum mendapat sambutan positif.
Gunakanlah bahasa yang komunikatif dan to the
point.
point.
2.
Gunakanlah
pakaian yang pantas
3.
Datang tepat
waktu, bahkan datanglah sebelum waktu tersebut untuk memastikan anda tidak
datang terlambat
4.
Berlatihlah
sebelum waktu presentasi
5.
Sediakan satu
kopi proposal untuk pihak sponsor
6.
Singkat,
menarik dan padat, presentasi tidak perlu terlalu detil, karena detil acara
sudah ada didalam proposal. Pada waktu persentasi
sebaiknya lebih
ditekankan pada personal approach dan lebih menerangkan hal-hal yang menitikberatkan pada kepentingan pihak sponsor daripada pihak penyelenggara kegiatan.
7.
Tinggalkan
nomor telepon yang mudah dihubungi oleh pihak sponsor
8.
Tanyakan kepada
sponsor kapan bisa mendapat kepastian
9.
Segera
selesaikan apabila mendapat kepastian, jangan ditunda walaupun mendadak.
By: Event Komunitas!
Bagus bro postingnya, bisa belajar nih ma ente.....makasih dulu atas kunjungnnya ke blog ane http://membuatwebsite-pemula.blogspot.com
BalasHapusklo masih ada yg kurang jangan segan2 langsung aja kasih masukan Bro,.....Tq atas Kunjungannnya. Whyhardin.blogspot.com
BalasHapus